Penerapan Metode UCD (User Centered Design) Pada E-Commerce Putri Intan Shop Berbasis Web

Intan Sandra Yatana Saputri, Mardhiah Fadhli, Ibnu Surya



Abstrak


Pertumbuhan pesat pangsa pasar e-commerce di Indonesia memang sudah tidak bisa diragukan lagi. Dengan jumlah pengguna internet yang mencapai angka 82 juta orang atau sekitar 30% dari total penduduk di Indonesia, pasar e-commerce menjadi tambang emas yang sangat menggoda bagi sebagian orang yang bisa melihat potensi ke depannya. Pertumbuhan ini didukung dengan data yang menyebutkan bahwa nilai transaksi e-commerce pada tahun 2013 mencapai angka Rp130 triliun.. Ada banyak e-commerce yang sukses mendapatkan keuntungan, ada juga yang tidak. Menurut penelitian yang dilakukan oleh User Interface Engineering, Inc. diketahui 59% waktu terbuang karena orang tidak bisa menemukan informasi yang ingin didapat dan hal ini berdampak pada penurunan produktifitas dan meningkatkan frustasi. Sebuah laporan menunjukkan bahwa 39% dari pembeli tes dan gagal dalam upaya pembelian mereka karena navigasi pada situs yang sulit. Untuk membuat sebuah e-commerce yang user-friendly dengan tingkat usability yang tinggi pada e-commerce tersebut, salah satu solusinya melakukan pengembangan e-commerce menggunakan metode User Centered Design (UCD). Sistem yang telah dibangun dengan menerapkan metode UCD ini mendapatkan hasil 98.3% menyatakan akan berbelanja di e-commerce Putri Intan Shop.

Kata Kunci


User Experience, UCD, User Centered Design, E-Commerce


Teks Lengkap:

PDF


Referensi


Kementerian Komunikasi dan Informasi Indonesia. (8 Mei 2017). Kemkominfo: Pengguna Internet Indonesia Nomor Enam Dunia. Diambil 7 Juni 2017 dari https://kominfo.go.id/content/detail/4286/pengguna-internet-indonesia-nomor-enam-dunia/0/sorotan_media

UX Mastery. (t.t). UX Techniques. Diambil pada 31 Mei 2016 dari http://uxmastery.com/resources/techniques

Usability.gov (t.t). Usability Testing. Diambil 31 Mei 2016 dari www.usability.gov/how-to-and-tools/methods/usabilitytesting.html

Widhiarso, W., Jessianti., Sutini. (2007). Metode UCD (User Centered Design) Untuk Rancangan Kios Informasi Studi Kasus : Rumah Sakit Bersalin XYZ. Algoritma(3)

Liang, C., Chou, W., Hsu, Y. (2009). A User-Centered Design Approach to Develop a Web-Based Instructional Resources System for Homeland Education. An International Journal. 71-73

Laudon, K. C., Travis, J. (2002). E-Commerce: Bussiness. Technology. Society. United States of America: Prentice Hall.

Henry, S. L. (1 April 2004). Notes on User-Centered Design Process (UCD). Diakses 3 Januari 2017 dari http://www.w3.org/WAI/EO/2003/ucd.

Nielson, Jacob, Usability 101:Introduction to usability. Diakses November 2016 dari http://www.useit.com/alertbox/20030825.html

Pressman, Roger. S (2010). Software Engineering: A Practitioner's Approach, Seventh (7th) Edition. New York: McGraw-Hill.

Putra, R. S. (2015). Pengembangan Personalisasi Website E-Commerce Berbasis Metode User centered design. Politeknik Caltex Riau : Pekanbaru.


Artikel Statistik

Abstrak telah dilihat : 399 kali
PDF telah dilihat : 178 kali

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Alamat Redaksi :
Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi
Universitas Andalas
Kampus Limau Manis, Padang 25163, Sumatera Barat

email: teknosi@fti.unand.ac.id

  Jumlah Pengunjung :

 

Creative Commons License
This work by si.fti.unand.ac.id is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.