Rancang Bangun Sistem Informasi Realisasi Anggaran Kegiatan Berbasiskan Web dan Mobile pada Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Barat

Husnil Kamil, Aisyatul Lathifah S



Abstrak


Intisari — Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Provinsi Sumatera Barat merupakan suatu instansi pemerintahan yang bertugas untuk melaksanakan kewenangan Desentralisasi dan tugas Dekosentrasi di bidang Perhubungan Darat, Laut, Udara, Komunikasi dan Informatika serta tugas pembantuan yang diberikan oleh pemerintah. Salah satu komponen utama pada instansi ini adalah anggaran kegiatan. Anggaran kegiatan termasuk salah satu hal yang bersifat sensitif dan membutuhkan fungsi pelaksanaan dan pengelolaan yang baik. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan didapatkan informasi bahwa sistem realisasi anggaran kegiatan yang sedang berjalan pada Dishubkominfo Provinsi Sumatera Barat masih belum optimal dan ditemukan masalah seperti data dan informasi yang tidak valid, proses pengolahan data yang cukup lama, dan sulitnya akses informasi tentang anggaran kegiatan. Untuk itu dibutuhkan sistem yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan dalam realisasi anggaran Dishubkominfo Provinsi Sumatera Barat. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis sistem realisasi anggaran kegiatan yang sedang berjalan, merancang, membangun, serta melakukan pengujian terhadap aplikasi sistem informasi realisasi anggaran kegiatan pada Dishubkominfo Provinsi Sumatera Barat berbasis web dengan akses mobile. Metode penelitian yang digunakan mengadopsi metode pengembangan perangkat lunak waterfall. Dari penelitian ini dihasilkan sebuah aplikasi sistem informasi realisasi anggaran kegiatan berbasis web dan mobile. Aplikasi ini telah diuji dengan metode black box serta telah menjalani UAT. Hasil pengujian menunjukkan aplikasi yang dibangun sesuai dengan kebutuhan Dishubkominfo Provinsi Sumatera Barat.

 


Kata Kunci


anggaran kegiatan, sistem informasi realisasi anggaran kegiatan, Dishubkominfo Provinsi Sumatera Barat, berbasis web, akses mobile.


Teks Lengkap:

PDF


Referensi


Harun. 2008. Reformasi Akuntansi dan Manajemen Sektor Publik di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

Riduansyah, M. 2003. Kontribusi pajak daerah dan retribusi daerah Terhadap pendapatan asli daerah (PAD) dan anggaran Pendapatan dan belanja daerah (APBD) guna mendukung Pelaksanaan Otonomi Daerah (Studi Kasus Pemerintah Daerah Kota Bogor). Makara, Sosial Humaniora, 7(2).

Bukit, Ernita. 2011.Penerapan E-Business System di Perusahaan Tupperware. Institut Pertanian Bogor.

Wijaya, I. W. G. S. 2012. Penerapan Web Service pada Aplikasi Sistem Akademik pada Platform Sistem Operasi Mobile Android. Teknik Informatika, STIKOM PGRI Banyuwangi. Banyuwangi.

Afrina, M., & Ibrahim, A. 2014. Pengembangan Model Sistem Informasi Perpustakaan dengan Teknologi Informasi Berbasis Wireless Application Protocol (WAP) Pada Universitas Sriwijaya. Jurnal Sistem Informasi, 4(1).

Mulyadi. 2013. Android App Inventor: Membuat Aplikasi Android tanpa kode program

Rosa, A. S., & Shalahuddin, M. 2011. Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek). Bandung: Modula.

Prihartanto, Y. L. (2012). Sistem Informasi Manajemen Agenda Pada Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kabupaten Karanganyar. Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 3(3).


Artikel Statistik

Abstrak telah dilihat : 336 kali
PDF telah dilihat : 122 kali

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Alamat Redaksi :
Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi
Universitas Andalas
Kampus Limau Manis, Padang 25163, Sumatera Barat

email: teknosi@fti.unand.ac.id

  Jumlah Pengunjung :

 

Creative Commons License
This work by si.fti.unand.ac.id is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.