Pengembangan Sistem Pengelolaan Informasi Pusat Informasi dan Konseling Remaja Kota Padang

Isra Wilna, Haris Suryamen, Fajril Akbar



Abstrak


Salah satu fungsi dari Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK Remaja) adalah memberikan pelayanan informasi dan konseling tentang perencanaan kehidupan berkeluarga bagi remaja. PIK Remaja ini terdapat di lembaga pendidikan sepert sekolah dan perguruan tinggi maupun lembaga non pendidikan. Lokasinya tersebar di 11 kecamatan yang ada di Kota Padang. Setiap PIK, diharuskan menyampaikan laporan-nya secara kolektif dan berkala ke Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPKB)  Padang,. Keterbatasan ruang dan waktu, menjadi kendala bagi BPMPKB dalam menjalan perannya sebagai pengawas. Disamping itu, perubahan alamat kantor PIK Remaja  banyak tidak terkelola karena tidak terdokumentasi dengan baik. Oleh karena itu dibangun sebuah sistem yang mampu menyelesaikan masalah tersebut. Sistem infomasi geografis menjadi pilihan karena mampu menyajikan informasi dengan referensi geografis. Dukungan teknologi web terhadap visualisasi geografis akan memudahkan pemangku kebijakan dalam pengembangan PIK Remaja di Kota Padang. Metode pengembangan aplikasi mengadopsi model waterfall. Aplikasi ini dibangun dengan fungsional pencarian PIK Remaja berdasarkan kategori, berdasarkan wilayah, pencarian PIK Remaja yang terdekat dari posisi pengguna, melihat rute menuju PIK Remaja yang dipilih. Disamping itu BPMPKB dapat mengelola data dan laporan  kegiatan PIK remaja. Disamping itu, PIK Remaja dapat mengelola data PIK-nya dan menyampaikan laporan kegiatan. Semua data tesimpan dalam database terdiri dari 9 tabel dengan  17 rancangan user interface aplikasi. Pengujian dilakukan dengan validasi fungsional aplikasi yang dirancang dengan aplikasi secara Blackbox testing. Pengujian ini  melibatkan 5 orang pengguna dengan hasil rekomendasi fungsional dari sistem telah berjalan sesuai dengan rancangan.

 

Kata kunci: PIK Remaja, Sistem Informasi Geografis.


Kata Kunci


PIK Remaja, Sistem Informasi Geografis


Teks Lengkap:

PDF


Referensi


Amri, Muhammad Ulul. "Perbedaan Perilaku Seksual Remaja yang Mengikuti dan Tidak Mengikuti Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) pada Remaja SMU di Kabupaten Jember." (2013).

Buzarudina, Frisa. "EFEKTIVITAS PENYULUHAN KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN SISWA SMAN 6 KECAMATAN PONTIANAK TIMUR TAHUN 2013." Jurnal Mahasiswa PSPD FK Universitas Tanjungpura 3, no. 1 (2013).

Maolinda, Nisa. "Hubungan Pengetahuan dengan Sikap Siswa terhadap Pendidikan Kesehatan reproduksi Remaja di SMAN 1 Margahayu." Students e-Journal 1, no. 1 (2012): 28.

Wulandari, Sri. "Hubungan Pengetahuan, Sikap Dan Perilaku Pencegahan Penyakit Menular Seksual (PMS) Dan HIV/AIDS Dengan Pemanfaatan Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) Pada Remaja SMKN Tandun Kabupaten Rokan Hulu." Jurnal Martenity and Neonatal 2, no. 1 (2015): 10-22.

Fitri, Hayani. PERBEDAAN EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN AKTIF DAN CERAMAH TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN SEKSUALITAS REMAJA ANGGOTA PIK-R DI SMPN 13 PADANG TAHUN 2016. Diploma Thesis, Padang: Universitas Andalas, 2016.

Adriansyah, Arya, Wahyudi Arifandi, and Narenda Wicaksono. "Keamanan Web Service." Teknik Informatika, Institut Teknologi Bandung, Bandung (2005).

Primazni, Winadya. "SISTEM PELAPORAN DAN MONITORING KEGIATAN PUSAT INFORMASI DAN KONSELING REMAJA (PIK-R)(STUDI KASUS: DINAS BP2KB KOTA PARIAMAN)." PhD diss., Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 2016.

Hartadi, Yudhi, Haris Suryamen, and Fajril Akbar. "Perancangan Sistem Informasi Lokasi Lembaga Bimbingan Belajar di Kota Padang." Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi 2, no. 1 (2016): 35-44.

Suryamen, Haris, Ilham Aminuddin, and Fajril Akbar. "Pembangunan Sistem Informasi Geografis Lapangan Futsal Kota Padang Berbasis Web." Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi 2, no. 1 (2016): 45-54.

Junanda, Berry, Denny Kurniadi, and Yasdinul Huda. "PENCARIAN RUTE TERPENDEK MENGGUNAKAN ALGORITMA DIJKSTRA PADA SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PEMETAAN STASIUN PENGISIAN BAHAN BAKAR UMUM." Jurnal Vokasional Teknik Elektronika & Informatika 4, no. 1 (2016).

BKKBN. (2015). “Panduan pengelolaan Pusat Informasi & Konseling Kesehatan Reproduksi Remaja”. Jakarta, BKKBN.


Artikel Statistik

Abstrak telah dilihat : 228 kali
PDF telah dilihat : 92 kali

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Alamat Redaksi :
Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi
Universitas Andalas
Kampus Limau Manis, Padang 25163, Sumatera Barat

email: teknosi@fti.unand.ac.id

  Jumlah Pengunjung :

 

Creative Commons License
This work by si.fti.unand.ac.id is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.