Perancangan Sistem Informasi Lokasi Lembaga Bimbingan Belajar di Kota Padang

Yudhi Hartadi, Haris Suryamen, Fajril Akbar



Abstrak


Lembaga bimbingan belajar (Bimbel) merupakan sebuah lembaga non formal yang melayani pendidikan siswa yang dilakukan di luar jam sekolah. Saat ini, bimbel telah menjadi suatu kebutuhan pagi para siswa, khususnya siswa yang akan melanjutkan studinya ke perguruan tinggi. Di Kota Padang terdapat  lebih dari 50 lembaga bimbel untuk tingkat SMA  yang tersebar di sejumlah kecamatan.  Banyaknya lembaga bimbel yang ada secara tidak langsung mengakibatkan masyarakat kesulitan untuk mendapatkan informasi lokasi lembaga bimbel tersebut, khususnya bagi para pendatang baru. Untuk itu, perlu dibangun Sistem Informasi Geografis (SIG) lokasi lembaga bimbel di Kota Padang berbasis web. SIG ini dibangun dengan menggunakan metode waterfall. Pembangunan SIG ini diawali dengan melakukan analisis kebutuhan, perancangan sistem, serta implementasi dan pengujian sistem. Analisis kebutuhan dilakukan untuk mengumpulkan data-data yang diperlukan dalam membangun sistem. Perancangan sistem meliputi perancangan arsitektur, basis data, dan perancangan user interface. Implementasi sistem menggunakan basis data PostgreSQL dengan ekstensi PostGIS, serta bahasa pemrograman PHP dan Javascript. Pengujian sistem dilakukan dengan metode black-box yang berfokus pada fungsional sistem. Hasil dari pengujian yang dilakukan menunjukkan bahwa SIG lokasi lembaga bimbel di Kota Padang berbasis web telah sesuai dengan kebutuhan fungsional sistem.



Kata Kunci


Bimbel, Padang, WebGIS


Teks Lengkap:

PDF


Referensi


Wirkus, L. (2015). An Open Source WebGIS Application for Civic Education on Peace and Conflict. ISPRS International Journal of Geo-Information, 4(2), 1013-1032

Maryam, R.A. and Handayani, H.H., 2015. STUDI PENGEMBANGAN WEBGIS SARANA DAN PRASARANA PELABUHAN (STUDI KASUS: TANJUNG PERAK SURABAYA). Geoid, 10(2), pp.120-128.

Hamdi-Hamdi, F., 2015. PEMBUATAN APLIKASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PERSEBARAN LEMBAGA KURSUS BAHASA INGGRIS BERBASIS ANDROID (Studi Kasus Desa Tulung Rejo dan Desa Pelem Kecamatan Pare Kabupaten Kediri). Jurnal Geodesi Undip, 4(4), pp.16-24.

Ramadhani, H.A. and Awaluddin, M., 2016. APLIKASI WEBGIS UNTUK INFORMASI PERSEBARAN SEKOLAH MENENGAH ATAS DAN MADRASAH ALIYAH DI KABUPATEN KUDUS MENGGUNAKAN HERE MAP API. Jurnal Geodesi Undip, 5(1), pp.164-173.

Rizky, Y.R.N., Nugraha, A.L. and Wijaya, A.P., 2015. Aplikasi Sistem Informasi Geografis Berbasis Web Untuk Persebaran Sekolah Menengah Atas (Studi Kasus: Kota Semarang). Jurnal Geodesi Undip, 4(1), pp.172-182.

Akbar, Fajril, and Ricky Akbar. "Implementasi Openbravo pada Proses Transaksi Penjualan, Produksi dan Sistem Inventory (Studi Kasus PT. NUSANTARA BETA FARMA)." Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi 1, no. 1 (2015): 1.


Artikel Statistik

Abstrak telah dilihat : 671 kali
PDF telah dilihat : 331 kali

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Alamat Redaksi :
Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi
Universitas Andalas
Kampus Limau Manis, Padang 25163, Sumatera Barat

email: teknosi@fti.unand.ac.id

  Jumlah Pengunjung :

 

Creative Commons License
This work by si.fti.unand.ac.id is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.