Sistem Aplikasi EDUCHAT STMIK PRINGSEWU Berbasis ANDROID Sebagai Media Komunikasi dan Informasi

Sri Hartati, Novi Ayu Kristiana Dewi, Dwi Puastuti, Muhamad Muslihudin, Nofiko Setio Budi



Abstrak


Aplikasi Berbagi Pesan merupakan sebuah media komunikasi pendidikan  yang membantu STMIK Pringsewu dalam menjalin laju komunikasi di antara berbagai pihak yang terkait didalam proses perkuliahan  di STMIK Pringsewu. Aplikasi Berbagi Pesan ini mempercepat proses komunikasi yang pada awalnya terjadi secara konvensional menjadi lebih modern (berbasis web dan android), sehingga komunikasi yang terjadi lebih mudah tersampaikan kepada mahasiswa dan dosen yang ada dilingkungan stmik pringsewu. Teknologi yang digunakan dalam mengembangkan aplikasi educhat menggunkan  bahasa pemrograman PHP, Javascript, HTML, CSS ,MySql(untuk servis database) yang digabungkan dengan pemrograman Android. Dalam Pengembangan aplikasi ini, mengembangkan system menggunakan tahapan waterfall yang memiliki beberapa langkah serta tahapan-tahapan. Diantaranya Perencanaan, Analisis, Desain, Implemantasi, Testing dan Perawatan dengan konsep Reseach and Development. Dari hasil ujicobakan dengan mahasiswa dan dosen dengan menggunakan sample 100 orang mahasiswa dan Dosen system informasi yang terdiri dari 3 kelas yaitu kelas oracle 2 sebanyak 33 mahasiswa, kelas website 1 sebanyak 35 mahasiswa dan kelas you tube 1  sebanyak 31 mahasiswa. Sedangkan dosen menggunakan sampel 4 Dosen. Dari quisioner yang di sebarkan didapat hasil 80,5 % (+ 26) mahasiswa kelas oracle 2 menyukai, 84.5 % (+ 29 )kelas website 1 menyukai, 82.5% (+ 25) kelas you tube 1  menyukai dan 100 % (4) Dosen menyukai aplikasi yang di kembangkan. Dengan persentasi hasil pengujian maka dapat disimpulkan Aplikasi ini dapat digunakan sebagai sarana pendidikan di STMIK Pringsewu karena cepat, efektif dan efisien

Kata Kunci


Educhat, android, media communications, applications


Teks Lengkap:

PDF


Referensi


Candra Budi Susila, Ramadhian Agus Triyono (2015)”Sistem Informasi Nilai Mahasiswa Berbasis SMS Gateway Pada Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Muhammadiyah Pacitan” Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi – Volume 7 No 3 - 2015 - ijns.org

Jurista Purnama Jumri (2013). “Perancangan Sistem Monitoring Konsultasi Bimbingan Akademik Mahasiswa dengan Notifikasi Realtime Berbasis SMS Gateway” JustIN Progam Studi Informatika, Jurusan Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Tanjungpura.

Yasin, V. (2012). “Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek Pemodelan, Arsitektur Dan Perancangan (Modeling, Architecture And Design)”. Jakarta: Mitra Wasana Media.

Nugroho, Bunafit. (2008). “Latihan Membuat Aplikasi Web PHP dan MySQL dengan DreamweaverMX(6,7,2004) dan 8”. Cetakan ke-1 Jogjakarta:Gava Media

Arbie. (2004). “Manajemen Database dengan MySQL” . Yogyakarta : Andi offset

Nugroho, B. (2004), ” PHP & MySQL dengan editor Dreamweaver MX”.Yogyakarta : Andi offset

Utami, Endah Tri. Kupas Tuntas Android Dari Nol Sampai Bisa. Jakarta: Gudang Ilmu, 2011.

Winarto Edi, Ali Zaki, Smit Dev Community, Membuat Aplikasi Android untuk Pemula. Jakarta: Kompas Gramedia Building, 2012.

Budi Setiawan, Maryono, Sukadi, Bambang Eka Purnama (2013). ’Strategi Kebijakan Pembangunan Aplikasi Penyampaian Informasi Perkuliahan Berbasis Sms Gateway Pada Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (Stkip Pgri Pacitan)”.Indonesian Jurnal on Computer Science - Speed (IJCSS) FTI UNSA.

Fetty Nurlaela (2013). Aplikasi Sms Gateway Sebagai Sarana Penunjang Informasi Perpustakaan Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Arjosari. Indonesian Journal on Networking and Security - ISSN: 2302-5700.

Sugiyanto, Eko Nugroho, Warsun Najib (2014) Prototype Sistem Informasi Haji Untuk Menangani Jemaah Tersesat/Hilang Di Daerah Kerja (Daker) Mekah Menggunakan Sms Gateway. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2014 STMIK AMIKOM Yogyakarta, 8 Februari 2014 ISSN : 2302-3805 3.03-63

Nazruddin Safaat (2015). Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android, Revisi Kedua. Informatika. Banadung

Maya, Marsilia. Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Film Animasi Kartun Pada Pengenalan Perangkat Keras Komputer Dalam Pembelajaran TIK Di Kelas VII. Universitas Pendidikan Indonesia. Repositori UPI edu. Hal. 22-45. 2012.

Abdul Hamid, Muhamad Muslihudin, 2016. Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Tingkat Kualitas Kesejahteraan Masyarakat Berdasarkan Indikator Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional Menggunakna Web Mobile (Studi Kasus Desa KUTAWARINGIN). TEKNOSI, Vol. 03, No. 02, Desember 2016. Hal. 57-66. Universitas Andalas. Sumatra Barat.

Andi Maslan, Yana Setiono, Faizal Alfazri, 2016. Pengembangan Smart Application Translation Bahasa Sulawesi Berbasis Android. TEKNOSI, Vol. 02, No. 01, April 2016. Hal. 55-64. Universitas Andalas. Sumatra Barat.


Artikel Statistik

Abstrak telah dilihat : 259 kali
PDF telah dilihat : 75 kali

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Alamat Redaksi :
Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi
Universitas Andalas
Kampus Limau Manis, Padang 25163, Sumatera Barat

email: teknosi@fti.unand.ac.id

  Jumlah Pengunjung :

 

Creative Commons License
This work by si.fti.unand.ac.id is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.